wilujeng sumping@bulan blog

Jumat, 26 Maret 2010

kenapa sakit kepala??

sudah dua hari kepala rasanya nyut...nyut....nyut...mungkin karena kecapean menjalankan tugas ngawas ujian nasional, sehingga harus bulak balik ke kota setiap hari, pergi pagi pulang saat matahari terik memberi panasnya ke bumi.

Pusing memang keluhan umum yang bisa dialami oleh setiap orang dan tak ada yang bisa menghindari serangannya. Dr Diatri Nari Lastri, Sps memaparkan dalam majalah NOOR, bahwa sakit kepala secara garis besar ada dua macam, pertama sakit kepala primer yaitu sakit kepala yng tidak ada hubungannya dengan penyakit dibagian tubuh yang lain. dan kedua sakit kepala sekunder yaitu sakit kepala yang ada kaitannya dengan penyakit di bagian tubuh yang lain.

Salah satu keluhan sakit kepala yang sering dialami perempuan adalah rasa nyut-nyutan di salah satu bagian kepala atau lebih dikenal dengan migren yang berasal dari kata hemicrania yang berarti sakit kepala disatu sisi. Dalam dunia kedokteran migren dibedakan atas dua jenis, @migren umum sakit kepala sebelah yang tanpa gejala dan @migren klasik yaitu sakit kepala sebelah yang serangannya ditandai dengan keluhan gangguan penglihatan berupa aura kilatan cahaya.

Pemicu kedua migren disebabkan oleh perubahan hormonal yang biasa terjadi pada perempuan yang sedang haid, habis melahirkan, hamil di tiga bulan pertama atau perempuan yang sedang menghadapi perimenopuose (menjelang menopouse).
emmm....salah satu sebab memang sedang daku alami sekarang (kedatangan tamu bulanan,hehe...) eh......ada lagi tuh pemicu lain diantaranya kelelahan....yaaa.... hari ini daku memang cape banget nih...,terlalu banyak atau kurang tidur..... daku akui juga tadi malem begadang nonton film, abizz seru sekali ceritanya, trus pemicu lain adalah terlalu banyak meroko dan stres...oh...oh..... nyang pasti daku bukan peroko dan kayaknya ngga stres juga ach...

Mengatasi migren yang tadi sebutkan cukup dengan menghindari faktor pemicu saja okay...
Selain migren ada juga sakit kepala primer yang muncul akibat tegang otot, sehingga disebut tension headache, rasanya tegang di kepala seperti terikat kencang, tengkuk ditekan keras dan seluruh otot-otot terasa pegal, naaaaah ini dia pusing nyang dipicu oleh stresss...., kelelahan, atau lapar ( makanya jangan telat mam yaa..).

Ketegangan di bagian atas tubuh ini biasanya terasa menjalar dalam waktu hitungan jam, meskipun tak jarang ada yang sampai berhari-hari.
jika sakit kepala terasa sampai lebih dari 15 hari dalam satu bulan berarti sudak masuk dalam kategori cronic (kronis).

Untuk mengatasi sakit kepala kronis disarankan segera menghubungi dokter, karena dibutuhkan obat untuk meredakannya. Terutama bagi ibu yang sedang hamil, karena bagi ibu hamil tidak diperkenankan memanfaatkan obat sakit kepala tanpa resep dokter,agar aman bagi si jabang bayi.
Tapi bila belum sempat ditangani dokter, untuk mengurangi rasa sakit, dapat dilakukan langkah pertolongan pertama. Antara lain: mengompres kepala dengan batu es atau handuk hangat, memijit kepala, atau tidur.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita nikmat sehat selamanya,amiiin...





Tidak ada komentar: