wilujeng sumping@bulan blog

Rabu, 10 Maret 2010

Hikmah

Dalam kamus bahasa indonesia artinya manfaat, memahami hal-hal ghaib. Hikmah terkandung dalam suatu keadaan baik atau buruk, dan dapat dirasakan oleh semua orang yang mempunyai keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sang pengatur alam.
Kehidupan manusia di alam dunia memang hanya sekilas lintas sebagai ladang pahala kelak di nikmati pada kehidupan yang kekal di alam akhirat. Tapi anehnya kehidupan dunia kadang membius dan membuat hambaNya terlena karena kesenangan dan kebahagiaan tak terkira yang dirasa, tak sedikit pula dunia telah membuat air mata hambaNya jatuh membasahi pipi karena kegetiran menghadapi hidup yang penuh dengan penderitaan.
Itulah kehidupan di dunia yang penuh dengan lika-liku. Bahagia, suka,duka, derita datang silih berganti menghampiri semua insan. Bagi insan yang beriman ketika kebahagiaan, cobaan, ujian, atau bencana besar sekalipun menimpa dirinya pasti akan mengatakan:" semua yang dialami pasti ada hikmahnya....."
Hikmah sepertinya sengaja Tuhan rahasiakan dulu dari hambaNYA sebelum disadari dibalik peristiwa yang dialami mengandung manfaat meski melalui peristiwa yang terasa menyakitkan, menyedihkan, menjengkelkan, membingungkan, atau bahkan membahagiakan.
Yang pasti datangnya HIKMAH terasa sejuk di hati nyaman di rasa....



Tidak ada komentar: